Tujuan dan Manfaat Membuat Blog -- Ketika melontarkan pertanyaan di komunitas para blogger, yang banyak ditanyakan adalah berapa gaji seorang blogger pemula? Bagaimana cara mendapatkan uang dari blogger? Kenapa blog saya pengunjungnya sedikit? Kenapa Blog saya tidak ada yang kunjungi? Kenapa blog saya tidak terindeks di mesin pencari?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sudah banyak dijawab oleh para master blogger di internet. Bahkan dengan kata kunci "Pendapatan Blogger Pemula", kalian bakal dapat menemukan judul yang bervariasi di mbak Google. Bahkan jika kalian baca satu persatu, hampir semua jawabannya sama. Namun, jadi pertanyaan apakah jawaban tersebut sudah menjawab pertanyaan kalian dan apakah anda sudah puas dengan jawaban itu? Jawabannya tentunya bervariasi, ada yang termotivasi, ada yang belum puas, dan ada juga yang merasa tidak percaya. 

Lalu apa pendapat saya seorang awam di dunia blog?

Tahun 2014 lalu adalah awal saya mengenal dunia blogger. Ketika menginjakkan kaki di Ibu Kota Indonesia. Saat itu saya memiliki niat untuk kuliah di salah satu sekolah tinggi di Jakarta. Dengan latarbelakang sangat kurang, saya bekerja disalah satu perusahaan, dengan harapan agar dapat membiayai diri sendiri dan bisa menyelesaikan kuliah. Selama 2 tahun bekerja, saya banyak belajar dunia blogger dari teman kerja, bahkan hampir setiap harinya saya menulis dan berusaha mengedit sendiri tampilan blog.

Dengan pengalaman belajar dan terus belajar, saya akhirnya membuat sebuah blog yang berkaitan dengan mata kuliah. Tujuannya tentunya bukan mencari keuntungan, tetapi dengan harapan agar saya dapat mempelajari kembali mata kuliah yang diberikan dosen. Maklum, saat itu saya belum memiliki laptop dan saya berfikir bahwa jika fasilitas kantor dikembalikan saya akan kehilangan data-data penting terutama materi mata kuliah yang diberikan dosen.

Dan benar saja, 2 bulan kemudian saya memutuskan untuk keluar dari tempat kerja karena alasan gaji tidak bisa menutupi kebutuhan sehari-hari. Tempat kerja jauh, harus naik angkot 2 kali sebelum sampai tujuan. Kalau dihitung-hitung semua gaji hanya habis di jalan. Sedangkan disisi lain saya perlu uang kuliah.

2 minggu setelah keluar dari tempat kerja, saya akhirnya mendapat kerja baru sebagai kulih bangunan dengan gaji yang lumayan. Setelah satu bulan kerja, saya akhirnya membeli laptop teman dengan harga 800 ribu tanpa baterai. Saya kemudian kembali menulis di blog, semua mata pelajaran diberikan dosen saya rangkum dan publis kembali di Blog. 3 bulan berlalu saya akhirnya memutusakn keluar dari tempat kerja dengan pertimbangan kuliah saya terganggu dengan kerjaan. Hampir semua tugas kuliah tidak dikerjakan. Bagimana tidak, berangkat kerja jam 6 pagi, pulang jam 10 malam. Tau sendiri Jakarta macet, saya biasanya sampai 3 jam di perjalanan. Lelah sudah pasti.

1 minggu berhenti sebagai kulih bangunan, saya kembali mendapat panggilan di salah satu instansi pemerintah. Yah, saat ini saya berfikir yang penting kuliah selesai, apa pun kerjaannya saya pasti tekuni. Tujuan saya ke ibu kota adalah kuliah, harus selesai. Dengan prinsip seperti itu, saya bekerja sebagai pramusaji. 

Sembari bekerja, saya terus mengisi tulisan di blog. Satu tahun kemudian, blog saya akhirnya diterimah google edsense. Tentunya suatu kebahagian, 4 tahun lamanya terus ditolak sebagai partner google adsense. Berkat penghasilan, dari google edsense, saya akhirnya dapat membeli laptop. Yah walau pun tidak banyak tadi saya bisa memulai usaha baru. 

Lalu kembali lagi ke judul Tulisan ini Apa sih Tujuan dan Manfaat membuat Blog?

Jawaban saya tentu simple. 

Bersambung...